Konfigurasi HTTP Web Server dan DNS Server di Cisco Packet tracer

HTTP Server merupakan service yang melayani akses website dari permintaan client dan DNS server merupakan service yang bertugas untuk menterjemahkan alamat ip address menjadi alamat domain juga sebaliknya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang konfigurasi webserver dan juga dns server pada cisco packettracer. Konfigurasi dilakukan berdasarkan topologi berikut.

 

Konfigurasi IP Address Router 

Untuk konfigurasi pertama, bisa dengan mengkonfigurasi ip address pada router terlebih dahulu. Pada topologi ini, interface yang terkoneksi adalah Gig0/0 dan Gig0/1.  Berikut adalah konfigurasi ip address nya.

 

Router>enable
Router#config t
Router(config)#int gig0/0
Router(config-if)#ip add 10.10.10.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)#exit
Router(config)#int gig0/1
Router(config-if)#ip add 192.168.10.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shutdown

 

Konfigurasi Server www.pnc.com

Setelah konfigurasi router selesai, selanjutnya lakukan konfigurasi pada server www.pnc.com. setting ip address dan juga Service HTTP nya. 

Konfigurasi IP Address pada server pnc.com

 

Selanjutnya masuk ke Tab Services masuk pada menu HTTP. pastikan Service HTTP dan HTTPS dalam keadaan ON. jika ingin mengganti tampilan, anda bisa mengedit pada index.html nya.

 

Konfigurasi Server DNS

Setelah mengkonfigurasi Server pnc.com, selanjutnya konfigurasi pada Server DNS, dimulai dari melakukan setting ip address kemudian konfigurasi DNS Server pada Service nya. 

Konfigurasi pada Service DNS, kemudian aktifkan service DNS dan setting domain name serta IP Address dari server pnc.com. jika sudah kemudian pilih Add. konfigurasi ditampilkan seperti pada gambar dibawah.

 

Konfigurasi PC Client

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi ip address pada pc client yang kemudian melakukan test koneksi ke server dengan melakukan akses domain web server dari client. konfigurasi ip address client seperti pada gambar dibawah. 

Konfigurasi DNS server pada client di pasang ip milik Server DNS, sethingga jika client melakukan akses website akan diarahkan ke Server DNS untuk mendapatkan infromasi tentang Identitas alamat dari domain yang dituju.

 Setelah konfigurasi ip pada client, lakukan test browsing ke domain www.pnc.com melalui Desktop -> Web Browser  pada pc client, kemudian akses domain urlnya seperti pada gambar dibawah.

 

 

1,857 thoughts on “Konfigurasi HTTP Web Server dan DNS Server di Cisco Packet tracer