Konfigurasi VLAN Cisco Packet tracer

VLAN (Virtual LAN) merupakan suatu perangkat pada suatu jaringan LAN yang dikonfigurasi menggunakan perangkat lunak sehingga dapat berkomunikasi layaknya sedang berada dalam satu segmen jaringan, padahal berada di segmen jaringan yang berbeda.  VLAN dibuat dengan menggunakan pihak ketiga.  

Dengan kata lain, dengan menggunakan VLAN kita bisa menciptakan sebuah perangkat jaringan virtual yang terpisah dengan LAN physic nya. sehingga dapat menciptakan koneksi yang berbeda walaupun berada dalam satu perangkat switch.  Koneksi jaringan VLAN di identitaskan dengan VLAN ID sehingga koneksi antar jaringan dalam satu segmen menggunakan masing-masing VLAN ID yang sama dan tidak bisa terhubung jika berbeda VLAN ID. 

Tipe koneksi dari VLAN sendiri ada beberapa macam diantaranya : 

  • VLAN Access (tipe koneksi vlan untuk mengkonfigurasi port switch pada satu perangkat switch yang akan digunakan berdasarkan VLAN ID nya).
  • VLAN Trunk (tipe koneksi vlan ini digunakan untuk mengkonfigurikan antara 2 switch atau lebih yang memiliki VLAN ID yang sama pada masing-masing switch, dihubungkan dengan menggunakan Trunk port)
  • Hybrid (Merupakan gabungan dari Trunk dan Access).

 

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba untuk membuat simulasi jaringan dengan menggunakan VLAN access. konfigurasi yang dibuat berdasarkan topologi pada gambar dibawah. 

 

 Untuk mengetahui cara kerja VLAN terlebih dahulu lakukan konfigurasi IP address pada masing-masing PC dan lakukan test koneksi antar PC yang seharusnya bisa saling terkoneksi. 

test koneksi dari PC 1 ke PC 3

berdasarkan gambar diatas, koneksi antar PC masih bisa terhubung. kemudian kita akan memisahkan koneksi antar 4 PC tersebut dengan menggunakan VLAN.  Berdasarkan topologi kita akan membuat 2 buah VLAN dimana PC0 – PC1 di kelompokan ke VLAN ID 10 dan PC2 – PC3 ke VLAN ID 20

 

Konfigurasi VLAN pada SWITCH

Buat interface VLAN berdasarkan vlan id nya terlebih dahulu. 

Switch>enable
Switch#config t
Switch(config)#vlan 10
Switch(config-vlan)#name KONEKSI1
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#vlan 20
Switch(config-vlan)#name KONEKSI2
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#

 

Jika sudah, cek konfigurasi VLAN yang telah dibuat dengan menggunakan perintah show vlan  pada mode privileged.

 Langkah selanjutnya adalah membuat  port access pada interface switch yang terhubung pada masing-masing client ke vlan id yang telah dibuat berdasarkan topologi. 

  • Konfigurasi Port Access VLAN 10
Switch(config)#
Switch(config)#int fa0/1
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#switchport access vlan 10
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#int fa0/2
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#switchport access vlan 10
Switch(config-if)#exit

 

  • Konfigurasi Port Access VLAN 20
Switch(config)#int fa0/3
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#switchport access vlan 20
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#int fa0/4
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#switchport access vlan 20
Switch(config-if)#exit

 

Cek konfigurasi Switch port access vlan

setelah selesai melakukan konfigurasi switchport, kemudian cek apakah konfigurasi yang di inputkan sudah benar atau belum dengan menggunakan perintah show vlan  pada mode privileged.

Perhatikan pada gambar diatas, dari hasil konfigurasi yang telah dilakukan interface fa0/1 dan fa0/2 masuk ke dalam VLAN 10. sedangkan fa0/3 dan fa0/4 masuk ke VLAN 20. 

 Kemudian lakukan test koneksi pada masing-masing PC untuk menguji konfigurasi VLAN. berdasarkan konfigurasi yang telah dibuat PC0 dan PC1 bisa saling terhubung karna berada dalam 1 VLAN ID yang sama. PC3 dan PC4 juga bisa saling terhubung karena berada dalam 1 VLAN ID yang sama. dan PC tidak akan bisa terhubung dengan VLAN ID yang berbeda.

Berikut Hasil test koneksi nya : 

  • Test Koneksi dari PC0 ke PC1 – terkoneksi

  • Test Koneksi dari PC0 ke PC2 – tidak terkoneksi karena berbeda VLAN ID

  • Test Koneksi dari PC2 ke PC3 – Terkoneksi

  • Test Koneksi dari PC2 ke PC1 – Tidak terkoneksi karena berbeda VLAN ID

4,541 thoughts on “Konfigurasi VLAN Cisco Packet tracer